Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Samosir Tinjau Langsung Lahan Tanaman CABE MERAH Di Desa Aek Nauli.

Senin, 06 Februari 2023 | Februari 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-06T16:59:48Z

PEWARNA PUBLIK SAMOSIR,-
Kehadiran dan melayani masyarakat   Adalah kerinduan buat saya.
Bupati Samosir Vandiko T Gultom ber Terimakasih atas kesediaan Kepala Desa yang mau berkantor bersama, Demi melayani masyakarat. Ungkapnya Saya senang bisa bertemu langsung, melayani masyarakat dan bersilaturahmi"  saat berkantor di Desa Aek Nauli, Senin (06/02/2023).

Selanjutnya Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom meninjau lokasi pertanian cabe merah yang dikelola kelompok Tani Lambue. langsung bertemu dengan petani serta panen bersama sekaligus membeli cabe merah milik petani. Bupati juga mengharapkan, kedepan petani cabe merah dapat menggunakan pupuk organik, Karena hasilnya juga bagus dan memuaskan. 

Rusmaida Sihombing, petani cabe merah kelompok tani Lambue mengaku senang dan bangga dengan kehadiran Bupati. Rusmaida berharap perhatian pemerintah untuk membantu kami dalam pembuatan pupuk organik. "Saya merasa senang dengan kunjungan Bupati,  namun kehadiran Bupati dan Camat untuk melihat lahan kami" ungkap Rusmaida penuh haru.
Sebelumnya, kehadiran Bupati Samosir di Desa Aek Nauli disambut Kepala Desa bersama tokoh masyarakat diiringi dengan tarian lansia.
Berkantor di Desa Aek Nauli, Bupati Samosir meninjau produk UMKM Bangkit Marlumba diantaranya, anyaman, keripik Ubi Jalar, Keripik Kentang dan kue basah hasil kerajinan masyarakat setempat. Program Bunga Desa yang dicanangkan Bupati Samosir memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat, antara lain pelayanan kesehatan gratis, bantuan makanan tambahan kepada balita, pemberian makanan tambahan kepada Bumil, pelayanan administrasi kependudukan, pembukaan jalan usaha tani, penyuluhan KB, sosialisasi pembuatan pupuk organik, bantuan pertanian, bantuan pendidikan, pengurusan ijin berusaha, pelayanan pengurusan BPJS, Vaksin Rabies serta berbagai program pelayanan lainnya. Seluruh pelayanan yang dinikmati masyarakat Desa Aek Nauli gratis.Masyarakat terlihat antusias memanfaatkan seluruh pelayanan gratis yang dipusatkan pada satu lokasi.

Perwakilan Masyarakat Desa Aek Nauli, Jhonny Sinurat menyampaikan kebutuhan dari sisi pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana. Meminta prioritas perbaikan jalan protokol untuk menunjang kemudahan akses bagi tenaga pendidik, masyarakat dan anak sekolah.
"Kami berharap jalan protokol dapat diperbaiki. Kami sadar dengan anggaran terbatas, kalau tidak bisa  hotmix, sirtunisasi pun sangat kami harapkan" kata Jhonny. Penambahan guru dan tenaga kesehatan di Desa Aek Nauli merupakan kebutuhan sebagaimana disampaikan warga Dapot Sinurat.

Sementara itu, Pelmen Sitanggang, Anggota kelompok tani Lambue yang mewakili seluruh kelompok tani di Desa Aek Nauli, merasa sangat bersyukur dengan adanya Bunga Desa dan berharap program tersebut dapat berkesinambungan . " Kami merindukan seorang Bupati yang benar-benar ingin melihat secara langsung masyarakatnya. Memberi perhatian dan membantu" ungkap Pelmen.
Diakuinnya, saat ini sudah banyak merasakan peran pemerintah dalam membantu petani, terlebih dalam membuat pupuk organik untuk mencukupi kebutuhan pupuk.Melalui program Bunga Desa, Pelmen berharap  pembangunan rumah kompos di Desa Aek Nauli guna pemenuhan untuk pupuk di Desanya dan kalau bisa sampai hasil pupuk organik di sertifikasi

"Bila permohonan kami dapat dipertimbangkan dan alangkah bahagianya kami kalau permohonan kami disetujui pak Bupati " tutup Pelmen dengan menyerahkan proposal kepada Bupati Samosir.

Memenuhi permintaan masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menjelaskan terkait jalan protokol sepanjang 2 KM sudah dilakukan perkerasan dan akan disirtu. Bupati Samosir juga mengerahkan alat berat untuk pembukaan jalan sesuai permintaan masyarakat. "Manfaat alat berat dengan baik, masyarakat juga harus rela memberikan lahan untuk pembukaan jalan. Semuanya gratis tidak ada pungutan, yang penting masyarakat bersedia menyerahkan lahannya" ucap Bupati.

Dalam Memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dan guru Bupati Samosir akan menambah dalam waktu dekat. Masalah Jalan Usaha Tani, Vandiko meminta Kepala Desa dan masyarakat sepakat dalam pembebasan lahan. 
Pelatihan pupuk organik cair dan padat, Bupati Samosir meminta petani untuk benar-benar serius mengikuti pelatihan. 
"Mengatasi kelangkaan pupuk,maka kami turun memberikan pelatihan kepada petani dan sembari berproses saya akan memberikan bantuan kepada kelompok tani" tambah Bupati.

Selain untuk kebutuhan pertanian kelompok dapat dijual sehingga menambah pendapatan. Untuk itu, Bupati Samosir meminta kades membantu masyarakat dengan penganggaran pembelian mesin pencacah. Melalui Dinas Ketapang dan Pertanian menyediakan mesin pencacah dengan sistim pinjam. 

Lebih lanjut dijelaskan, dengan adanya ijin berusaha maka akan memudahkan mendapatkan KUR dari Bank. 

Dengan pupuk organik maka kesuburan tanah akan terpelihara, hasilnya juga memuaskan. "Mari beralih menggunakan pupuk organik ungkap Vandiko. 

Bupati Samosir meminta bagi pemegang kartu BPJS agar memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dan gunakan untuk menjaga kesehatan, meminta Bagi yang belum memiliki agar segera diurus

Untuk tahun ini Desa Aek Nauli akan disentuh dengan pembangunan  Rekontruksi jalan sibane-bane. Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat Desa Aek Nauli, Bupati Samosir menyerahkan bantuan keuangan 100 juta rupiah dan  pembukaan jalan Lumban nail menuju parluhut-luhutan. 
"Kehadiran kami untuk memberikan pelayanan, menampung aspirasi masyarakat serta melihat langsung keadaan dan potensi desa. Pembangunan harus benar-benar dirasakan seluruh masyarakat di Desa Aek Nauli" pungkas Bupati Samosir 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir menekankan agar OPD yang berkaitan dengan permintaan masyarakat segera mengerjakan nya. "Semua yang saya janjikan kepada masyarakat agar segera dikerjakan, saya tidak mau masyarakat marah kepada saya akibat permintaan mereka tidak dipenuhi" tegas Bupati Samosir.

Pelayanan administrasi yang dibawa Bupati Samosir dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Pengurusan berbagai  dokumen masyarakat Desa Sinabulan bisa berlangsung cepat, tepat dan selesai dalam sehari. Sebelum mengakhiri Bunga Desa Aek Nauli, Bupati Samosir menyerahkan secara langsung administrasi kependudukan, BPJS, dan ijin berusaha kepada masyarakat serta memastikan bahwa keseluruhan pengurusan dokumen/ administrasi terselesaikan dengan baik.

(SimbolonSlow/kmf)
×
Berita Terbaru Update