Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Erick Thohir Menteri BUMN Resmi Menyandang Marga Sidabutar Disaksikan Ribuan Masyarakat Kabupaten Samosir

Sabtu, 26 November 2022 | November 26, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-26T23:30:35Z
PEWARNA PUBLIK SAMOSIR,- 
Menteri BUMN Erick Thohir resmi  menjadi bagian dari keluarga Batak, setelah Prosesi penobatan dan pemberian marga Sidabutar dengan budaya Batak Toba. Kegiaatan Prosesi acara dilaksanakan  di Lopo Inn Tomok desa Tomok kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Sabtu (26/11/2022).

Kegiaatan Penabalan Erick Thohir menjadi Marga Sidabutar yang dalam adat Batak Toba  disebut "Mangain/Mangappei Marga" Dalam kegiaatan tersebut juga dirangkaikan dengan kegiaatan acara yang dipadu  Tao Toba Heritage Fest dan Mangalahat horbo

Kegiaatan Diawali dengan acara kebaktian dan dirangkai dengan acara adat Mangalahat horbo dengan iringan tor tor dan sastra lisan berupa umpasa / Pantun dari bahasa batak Toba.

Kegiaatan yang diawali dengan Mangalahat Horbo, dimanana kegiaatan dengan menancapkan pohon (Borotan) ditengah halaman pertanda kekokohan dan kekuatan ditengah masyarakat batak serta mengikatkan seekor kerbau untuk persembahan dan meminta berkat, kesejahtraan kepada Tuhan yang maha kuasa, serta pemberi berkat.
Dimana kegiaatan tersebut salah satu kearifan lokal dan suatu acara pesta adat di bangso Batak.

Prosesi adat yang dihadiri seluruh keluarga Marga Sidabutar yang ada di Tomok Kabupaten Samosir dan juga mengundang semua rumpun marga raja raja dari Sidabutar (Tulang, Bonatulang  Bonaniari Matamual, Dongan Tubu Marga Sidabutar, Boru, Bere dan Ibebere serta dongan Huta).

Harry Boss Sidabutar sekaligus Ketua Panitia Tao Toba Haritage Fest yang menjadi Orangtua Angkat dari menteri BUMN Erick Thohir Sidabutar,berterimakasih banyak atas kepercayaan Menteri BUMN Erick Thohir telah memilih marga Sidabutar menjadi Marganya di Bangso Batak.

"Saat ini Erik Thohir telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke 10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke 4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga Marga Sidabutar na 8," Ujar Harry Boss Sidabutar.

Lebih lanjut Harry Boss  juga menyampaikan bahwa mulai hari ini Erick Thohir mendapat hak adat dari orang batak marga Sidabutar, dan mendapat hak warisan yang dimiliki olehnya.

Selanjutnya dia Juga meminta agar setiap penulisan nama Menteri BUMN mulai sekarang harus di tuliskan Marga Sidabutar.

 Mustang Bonaventura Manurung Ketua Umum Pospera dikegiaatan tersebut hadir sebagai Tulang/ Paman Erik Thohir dimana ibu yang melahirkan nya bermarga Manurung. Dalam kesempatan tersebut Mustang Bonaventura Manurung mengatakan bahwa panggilan dan penyebutan nama mulai hari ini harus dirubah.

"Mulai sekarang Bapak Menteri harus memanggil saya tulang dan saya akan memanggil beliau  bere," ujar Mustang tertawa.

Pada kesempatan itu Anggota DPR RI dari fraksi PDIP yang juga penasehat POSPERA Adian Napitupulu juga berterimakasih akan terlaksananya acara ini,Dimana telah bertambah 1 keluarga Batak bermarga Sidabutar.

"Kualitas persaudaraan bukan sekedar Seremoni Marga semata tapi harus di barengi dengan suka dan duka, jadi pada hari ini disaksikan oleh ribuan orang kita yang bersaudara harus saling mendukung dalam Suka dan Duka," Ujar Adian Singkat.

Bupati Samosir Vandiko Gultom mengucapkan Selamat kepada Menteri BUMN Erick Thohir atas penabalan menjadi Marga Sidabutar, Dimana suatu kebanggakan dimana Menteri BUMN telah memilih Samosir sebagai tempat yang tepat. Dimana Asal Usul Raja Batak dari gunung pusuk buhit yang berada diSianjur mula mula, Kabupaten Samosir.

Sedangkan kebanggaan tersendiri muncul dari raut wajah Menteri BUMN  Erick Thohir Sidabutar dimana hari ini sebagai momen bersejarah bagi dirinya yang menjadi bagian dari keluarga Sidabutar.

"Hari ini merupakan keberkahan bagi kita, saya telah menjadi marga Sidabutar sebagai anak dari generasi Raja Sidabutar dan menjadi bagian dari bangso batak, maka mari menjaga persaudaraan baik senang maupun susah," Ujar Erick Thohir Sidabutar.

Pada kesempatan itu Menteri BUMN Erick Thohir berjanji akan membangun museum batak di pulau Samosir sebagai simbol keberkahan, kekayaan dalam menjaga dan membangun kultur budaya batak, Dan suatu kehormatan bagi nya menjadi bagian dari bangso batak yang tercinta
(Tim/Simbolon Slow)
×
Berita Terbaru Update