Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gampong Hagu Selatan Lhokseumawe Sembelih 54 Hewan Qurban

Senin, 11 Juli 2022 | Juli 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-11T15:59:11Z
PEWARNA PUBLIK LHOKSEUMAWE,-  Dimana pada hari Raya kedua Idhul Adha 1443H penyembelihan hewan Qurban yang terdiri 19 ekor sapi dan 35 ekor Kambing. Pelaksanaan pemotongan hewan Qurban itu dimulai sejak malam sampai selesai yang bertempat di lapangan depan Pertamina Dusun Utara, Gampong Hagu Selatan Lhokseumawe. Senin (11/7/2022)

Menurut Ketua Panitia Qurban Bapak Syawaluddin, "Alhamdulillah" meskipun tahun ini ada merembek virus penyakit Mulut dan Kuku (PMK) namun tidak melunturkan niat warga untuk berkurban hampir setara dengan tahun yang lalu 20 ekor sapi dan 25 ekor kambing, dengan tahun ini, 19 ekor sapi dan 35 ekor kambing, hewan qurban itu berasal dari  sumbangan warga Gampong Hagu Selatan.

"Sapi seluruhnya 19 ekor, satu ekor dari sumbangan Gampong dan satu ekor sapi sumbangan dari Pertamina Lhokseumawe," kata Syawal.

Syawal menambah, masyarakat yang ada di dusun-dusun  kususnya warga miskin tidak terlewatkan semua telah dibagikan daging qurban sebanyak 1300 kantong plastik telah dibagikan kepada warga yang berdomisili di Gampong Hagu Selatan yang sebelumnya sudah di bagikan kupon pengambilan daging Qurban.
 
Dari pemotongan hewan di sini, menariknya para panitia qurban kompak bersama Pemerintah Gampong. Hadir  Geuchik Gampong Zulfitrian serta Sekdes, Tuha 4, Imam Dusun Sayet Balawi, Ketua Panitia saya sendiri Syawaluddin dan wakil ketua Agus, Sekretaris Muslim, Bendahara Indra dan wakil T. Al,asri, serta Ketua BKM turut memberikan partisipasi dalam hal kegiatan qurban, juga hadir Bhabinkamtibmas
Serta masyarakat Gampong Hagu Selatan menyaksikan pemotongan hewan qurban.

Dalam situasi yang melelahkan panitia kurban bersama – sama Pemerintah Gampong siangnya makan bersama dengan menyediakan Sapi Gampong untuk makan siang bersama  setelah itu panitia melanjutkan kembali untuk mempersiapkan daging kurban.

Geuchik Gampong Hagu Selatan Zulfitrian mengatakan bahwa kegiatan pemotongan Qurban ini sudah menjadi agenda tahunan di Gampong Hagu Selatan setiap tahunnya dalam perayaan hari Raya Idhul Adha.

"Hari Raya Idhul Adha merupakan momentum untuk saling bersilaturahmi dan saling berbagi.
Tujuannya, untuk memupuk rasa kekeluargaan diantara warga Gampong Hagu Selatan yang sudah menjadi keluarga besar,” katanya.

Lanjut Zulfitrian, dengan terlaksananya qurban ini adanya kekompakan antara Pemerintah Gampong, warga dan panitia pelaksana kurban.

"hal seperti ini terus akan kami pertahankan agar tahun depan hewan qurban akan bertambah," ucapnya.

Jumlah Hewan Qurban tahun ini sebanyak 54 ekor terdiri dari 19 ekor sapi dan 35 ekor kambing, dengan jumlah hewan qurban tersebut dari perkumpulan swadaya masyarakat Gampong Hagu Selatan dari semua dusun, selanjutnya di bagikan keseluruh masyarakat Gampong setempat dari semua dusun, bahkan juga kita bagikan ke pada wartawan yang hadir.

Fitrian juga mengucapkan, terimakasih kepada yang telah berqurban, begitu juga kepada seluruh panitia yang telah mengkordinir pelaksanaan penyembelihan qurban ini hingga  pembagian ke masyarakat Gampong Hagu Selatan.

Hewan yang di Qurbankan ini sudah mendapatkan pemeriksaan dari Dokter Hewan dan sertifikat dari Dinas Perternakan Kota Lhokseumawe bebas dari ancaman Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

"Alhamdulillah semangat warga Gampong Hagu Selatan dalam berqurban cukup baik dan kiranya sudah berqurban semoga dilimpahkan rahmad dan pahala serta rezekinya," pungkas  Geuchik Gampong Zulfitrian.

(Rdwn)
×
Berita Terbaru Update