Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BABINSA Pengecekan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pada Hewan Ternak Sapi di Desa PERPAT

Minggu, 31 Juli 2022 | Juli 31, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-31T08:14:07Z

PEWARNA PUBLIK BELITUNG,-
Pemerintah Kabupaten Belitung Yang Diwakili Kepala Dinas Dan Didampingi Oleh Babinsa Koramil 414–04/Membalong. Serda Meslan Hari Ini Melakukan Pengecekan PMK Atau Penyakit Mulut Dan Kaki Pada Hewan Ternak Terutama Sapi Yang Bertempant Di Dusun Karang Asem.
Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung,
Minggu (31/07/2022).

Kegiatan ini dilakukan agar dapat melihat secara langsung kesehatan hewan ternak sapi di Dusun karang Asem Desa Perpat agar terhindar dari gejala penyakit PMK.
Penyakit mulut dan kuku (PMK) juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD), Jenis penyakit ini disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae.
Masa inkubasi dari penyakit 1-14 hari yakni masa sejak hewan tertular penyakit hingga timbul gejala penyakit Virus ini dapat bertahan lama di lingkungan dan bertahan hidup pada tulang, kelenjar, susu, serta produk susu.

Angka kesakitan ini bsia mencapai 100 % Dan angka kematian tinggi ada pada hewan muda atau anak-anak. Tingkat penularan penyakit mulut dan kuku (pmk) cukup tinggi, tetapi tingkat kematian hanya 1-5%. Sehingga jika ditemukan ternak terlihat lemah, lesu, kaki pincang, air liur berlebihan, tidak mau makan, dan mulut melepuh agar dapat segera menghubungi dinas peternakan dan atau mantri hewan terkait.

Pengecekan ini dilakukan di tiga kandang sapi milik warga yaitu milik Bapak.Yatno, Bapak Riyanto dan Bapak. Dul. Setelah dilakukan pengecekan langsung di tiga kandang sapi tersebut tidak ditemukan tanda-tanda gejala penyakit PMK, sehingga mendapat apresiasi yang bagus dari Babinsa Serda Meslan.

"Harapan Beliau ini dapat menjadi contoh warga lain yang memiliki hewan ternak baik sapi maupun kambing agar selalu menjaga kesehatan hewan ternaknya melalui kebersihan kandang dan pakan sehingga terhindar dari terjangkitnya penyakit menular seperti PMK ini.

(Rls Pendim/Andri S)
×
Berita Terbaru Update