Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

LSM PAKAR TOBA Soroti Penanganan Dugaan Korupsi DD Desa Sibuea Kec. Laguboti

Sabtu, 21 Mei 2022 | Mei 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-21T10:45:28Z
PEWARNA PUBLIK TOBA, - Pegiat Anti Korupsi LSM PAKAR TOBA telah terus mengikuti perkembangan proses hukum terlapor dugaan korupsi Dana Desa(DD) Desa Sibuea, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, akhirnya kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi Kepala Desa Sibuea, kini ditangani Kejaksaan Negeri Balige, bebernya.

Sebelumnya, banyak pihak yang menyoroti dugaan adanya tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum Kades Desa Sibuea, bahkan beberapa warga desa melaporkan dugaan tersebut ke pihak Inspektorat Kabupaten Balige beberapa waktu lalu.

Menyikapi hal tersebut, seorang pegiat Anti korupsi di Kabupaten Toba, Haris Lumbantoruan, pada hari Kamis (19/05/2022) kepada beberapa media menyebut bahwa mekanisme proses penegakan hukum atas laporan dugaan tindak pidana Korupsi Dana Desa Sibuea, Kecamatan Laguboti tetap berjalan.

Menurut pengakuan Harris saat ditemui di Kantor DPC LSM PAKAR Toba di Desa Lumban Gaol Balige mengakui bahwa pihaknya barusan telah melakukan konfirmasi ke pihak Kejaksaan Negeri Balige atas kasus tersebut.

Harris mengatakan, “Barusan saya mengkomfirmasi Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Toba Samosir yaitu Richard Sembiring, SH di kantor kejaksaan.

Richard mengatakan mekanisme dugaan tindak korupsi Dana Desa Sibuea, Kecamatan Laguboti sedang berjalan dimana kini kita sudah menyampaikan Surat Pemanggilan terhadap dua orang saksi dari pemerintah desa Sibuea,” jelas Harris.

Dalam keterangannya, Haris juga menyebutkan sesuai dengan investigasi pihaknya ke Inspektorat diketahui bahwa LHP Dana Desa Sibuea dan beberapa berkas lainnya sudah diserahkan Inspektorat Kabupaten Toba, kepada Pihak Kejaksaan.

“Hal itu kita ketahui dari Pejabat Inspektorat, bapak Viktor Siagian,” tambah Harris.

Dalam kesempatan itu Harris menyebut bahwa pihaknya akan fokus melakukan pengawasan atas penggunaan dana desa di Wilayah Kabupaten Toba terkhusus di Kecamatan Laguboti.

“Kami juga mengharap masukan dan informasi dari segenap masyarakat agar pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi Dana Desa di kabupaten Toba dapat berjalan baik,” tegasnya.

Media Pewarna Publik menghubungi Kepala Seksi Pidana khusus (Kapidsus) Richat Sembiring SH lewat telepon genggamnya guna konfirmasi, terkait siapa nama yang dipanggil Kejaksaan Balige pejabat Desa Sibuea sebagai saksi enggan mejawab, namun dikatakan hari Senin lah bapak datang ke Kantor," ucapnya.
(Tohap Simaremare)
×
Berita Terbaru Update